SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMALAKA - Sepanjang jalan sekitar Alun-alun Cimalaka dimanfaatkan oleh para penjual bendera yang mulai terlihat ramai sejak awal agustus. Warna warni umbul-umbul dan bendera merah putih berkibar disekitaran jalan Alun-alun Cimalaka.

Sebagian pedagang ada yang mangkal di satu tempat, dengan dikibarkan disekitaran pagar Alun-alun Cimalaka.  Selain bendera, pedagang dadakan menjual umbul-umbul lengkap dengan bambunya. Tersedia bendera dengan bermacam-macam ukuran. 
Salah satu pedagang depan alun-alun Cimalaka mengungkapkan bahwa agustusan menjadi peluang tersendiri untuk menjual bendera dan juga umbul-umbul.

"Dari bulan Juli sudah siap siap berjualan karena setiap tahun ini jadi usaha musiman yang lumayan" Ujar salah satu penjual bendera disekitar Alun-alun Cimalaka Euis Ningsih. 

Dibandrol dengan harga beragam mulai dari Rp 15 ribu hingga ratusan ribu sesuai panjangnya. 
"Harga bendera merah putih dibanderol dengan harga yang berbeda. Untuk ukuran 1 meter 20 X 80, dibanderol dengan harga Rp 20.000, 90 x 60 Rp 15.000 bahan toron, sedangkan untuk bahan parasit ukuran 90 x 60, Rp 10.000. Umbul-umbul dibanderol dari harga Rp 15.000-Rp 25.000, dan untuk backdrop dengan panjang 10 meter, dibanderol dengan harga Rp 150.000," kata Euis. (rtn)